Blog Kumpulan Artikelku

Mambasmi Virus yang tidak terdeteksi oleh ANVI

| Rabu, 17 Juni 2009
Artikel kali ini ditujukan untuk membasmi virus-virus baru, terutama virus-virus yang tak terdeteksi oleh antivirus. Anda yang stres bila harus scan komputer berjam-jam guna menemukan dan membunuh virus, padahal dengan cara ini paling tidak 10 menit saja sudah beres. Ikuti tips dan trik berikut ini. Bagi netter yang komputernya mudah terserang virus, mungkin panduan berikut di bawah ini bisa berguna. Secara teori cara ini bisa membunuh 90 persen virus yang beredar, hanya virus macro (word, excel) dan virus yang merusak file (extension EXE) yang susah dibersihkan dengan cara ini, walau bisa dicegah penularannya.
Memberantas virus dengan Command Windows bila netter merasakan komputer ada gejala terserang virus/spyware, umumnya adanya indikasi tampilan aneh pada desktop atau browser/program yang digunakan. Sebaiknya langsung menempuh langkah berikut ini:
1. Matikan Virus di Memori
Caranya Tekan Ctrl + Alt + Del untuk menampilan Windows Task Manager - lalu ke bagian "Processes", kemudian klik bagian "User Name" untuk mengurutkan file yang diproses pada memori. Setelah itu, lihat ada bagian yang mencurigakan atau tidak. Bila banyak yang di-loading pada memori, sebaiknya dimatikan dahulu start up yang otomatis ter-loading pada bagian bawah kanan (icon speaker dan jam). Matikan semua icon tersebut dengan cara "quit" atau "exit" dari programnya.

Loading virus ke memori biasanya berupa EXE file. Langkah ini untuk mencegah virus untuk menyebar terlebih dahulu lewat memori kita. Matikan semua file EXE yang loading di memori yang sudah diurutkan sebelumnya berdasarkan "User Name". Perlu diperhatikan: jangan mematikan file yang kategori (Image Name) "System", "Local Service", dan "Network Service", karena bisa membuat sistem hang atau Freeze.
2. Non-aktifkan Virus di Startup
Untuk menon-aktifkan virus supaya tidak terloading ke memori, kita harus membuangnya di startup. Caranya: bisa menggunakan perintah MSCONFIG, klik menu Start>Run>msconfig - setelah itu akan tampil "System Configuration Utility". Lalu pilihlah "Startup", dalam kasus ini sebaiknya netter yang tidak mengerti mana yang loading virus mana yang bukan, sebaiknya pilih "Disable All".
Nantinya netter baru aktifkan kembali startup yang diinginkan kalau virus sudah bersih. Bila netter yang mengerti file yang loading mana file yang diperlukan, dan mana yang tidak, atau mana yang virus atau bukan, sebaiknya membuang conteng (check box) pada kotak bagian kiri untuk yang dicurigai sebagai virus. Cara ini akan menonaktifkan virus di start up kita.
3. Hapus File Virus dari Komputer
Carilah dengan menggunakan fasilitas "search" pada Windows, klik menu Start>Search, lalu carilah file EXE virus (contoh: Wukil.exe) yang sebelumnya loading di memori atau start up. File ini biasanya disimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari Windows. Setelah ditemukan, delete atau hapus file tersebut.
4. Hapus Virus dari System Registry
Tahap ini adalah tahap terakhir. Kita harus menggunakan perintah REGEDIT untuk mengubah dan men-delete virus dari registry kita. Pilihlah Start>Run>regedit - lalu ke menu "Edit" pilihlah "Find" (atau tekan Ctrl+F). Masukkan nama file virus yang ingin dihapus (contoh: Brontok.exe), lalu pilih "Find Next".
Apabila ditemukan file virus, hapuslah semua registry yang memuat virus tersebut (berikut dengan foldernya kalau ada). Kemudian lanjutkan dengan menekan Tombol "F3" atau di menu pilih "Edit" terus "Find Next". Biasanya file virus diletakkan pada beberapa tempat di registry. Jadi pastikan netter menghapus semuanya sampai bersih, dalam arti registry komputer bebas dari loading virus tersebut. Kalau tidak pekerjaan ini akan sia-sia. Namun sebelumnya netter sebaiknya lebih berhati-hati di dalam mengotak-atik regedit ini, minimal netter mengetahui dan mengerti hal-hal apa saja yang harus dan yang tidak harus dihapus.

Memberantas virus dengan bantuan program lain, sebenarnya ada beberapa tools yang sangat berguna bagi netter untuk mempermudah pembasmian virus, antara lain:
# AVG (versi terbaru) Free Edition
Program antivirus gratis yang sangat powerful untuk mengatasi virus dari luar negeri.
# PCMAV - Program antivirus buatan PC
Media ini terbukti sangat ampuh untuk membasmi virus-virus lokal.
# Hijack This - Sering kali virus mematikan hak akses kita Terhadap MSCONFIG, tujuannya agar kita tidak bisa menghapus file virus yang ter-loading pada saat kita menyalakan komputer. Tools yang satu ini sangat bagus sebagai pengganti command MSCONFIG. Selain itu program ini bisa mendeteksi lebih mendetil seperti spyware yang inject di dalam browser kita.
# CProcess - Tools ini fungsinya seperti "Windows Task Manager" (Ctrl + Alt +Del).
Tools ini sangat bagus sekali untuk mengenali mana yang virus atau bukan karena mengandung informasi detail mengenai file yang terloading di memori. Seperti contoh file yang benar (bukan virus) selalu tertulis nama perusahaan pembuatnya (contoh: Windows buatan Microsoft Corp).
# CCleaner - Tools yang satu ini selain berguna untuk menggantikan command REGEDIT, juga bisa membersihkan virus di registry secara otomatis. Selain itu CCleaner juga bisa mempercepat akses komputer Anda dengan membersihkan semua sampah-sampah di dalam registry.


---------------------------------evolution---------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar