Blog Kumpulan Artikelku

Perintah Dasar Mirc (Bagian 3)

| Senin, 15 Juni 2009

Hemmm……Setelah membahas Perintah2 atau command2 mirc yg menyangkut tentang penggunaan COmmand Nickserv and Chanserv and sekarang kita lanjut ke COmmand berikutnya…MUngkin udah ga Lazim lagi bagi Para Maniak Chating yang dah mungkin banyak hafal masalah seluk beluk dalam mirc…hehehehe…..tapi mungkin kadang juga kita sering lupa…mungkin kebanyakan mikir yah…..Oh iya ga usah banyak muluk2nya…kita langsung aja ke masalah Command yg berhubungan dengan Msg atau mesegge dalam Mirc…..ini berhubungan dengan memo….hemmm maksudnya Memoserv…..Oke deh kita mulai liat apa2 aja yg di gunakan dalam memoserv…!!!

Format penulisan perintah :
/msg memoserv@services.dal.net [command] [option]
atau dapat disingkat menjadi :
/memoserv [command] [option]

SEND
Penggunaan : /memoserv SEND nickname|#channel message
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk mengirimkan memo/pesan kepada nickname tertentu atau kepada para operator (AOP, SOP dan Founder) channel tertentu.
Catatan : Isi dari memo/pesan dibatasi maksimal 255 karakter. Syarat untuk mengirimkan pesan via MemoServ adalah nickname pengirim dan penerima harus sudah teregistrasi di database DALnet (NickServ). Syarat untuk mengirimkan memo channel adalah minimal kamu harus mempunyai akses AOP di channel bersangkutan, dan bisa terkirimnya memo kamu kepada para operator channel juga sangat tergantung pada setting MEMO level channel yang bersangkutan, apakah none, AOP, SOP, atau Founder.
Contoh 1 : /memoserv SEND AeroC|oud Bro Jimmy, tolong diinformasikan pada teman-teman bahwa www.virtual-dalnet.com sudah selesai di-Update
Perintah ini akan mengirimkan memo kepada nick “AeroC|oud” dengan isi memo “Bro Jimmy, tolong diinformasikan pada teman-teman bahwa www.virtual-dalnet.com sudah selesai di-Update”.
Contoh 2 : /memoserv SEND #Virtual Halo teman-teman, web site channel kita telah selesai di-Update, www.virtual-dalnet.com
Perintah ini akan mengirimkan memo kepada semua nick yang berada dalam daftar akses (operator) channel #Virtual dengan isi memo “Halo teman-teman, web site channel kita telah selesai di-Update, www.virtual-dalnet.com”.

SENDSOP
Penggunaan : /memoserv SENDSOP #channel message
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk mengirimkan memo/pesan hanya kepada para SOP dan Founder channel tertentu.
Catatan : Isi dari memo/pesan dibatasi maksimal 255 karakter. Syarat untuk mengirimkan memo kepada SOP channel adalah minimal kamu harus mempunyai akses AOP di channel bersangkutan, dan juga sangat tergantung pada setting MEMO level channel yang bersangkutan.
Contoh : /memoserv SENDSOP #Virtual Teman-teman SOP, tolong bantu kumpulkan biodata para AOP untuk keperluan update web site
Perintah ini akan mengirimkan memo hanya kepada para SOP dan Founder channel #Virtual dengan isi memo “Teman-teman SOP, tolong bantu kumpulkan biodata para AOP untuk keperluan update web site”..

LIST
Penggunaan : /memoserv LIST
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk menampilkan daftar memo yang dikirimkan kepada kamu. Dengan perintah ini kamu dapat melihat nickname pengirim, nomor urut memo, tanggal dan waktu pengiriman memo, dan status memo (new/baru, read/sudah dibaca, marked as deleted/ditandai untuk dihapus).

READ
Penggunaan : /memoserv READ memo_number(s)
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk membaca isi memo.
Catatan : Apabila kamu ingin membaca sekaligus beberapa memo, gunakan tanda koma (,) tanpa spasi sebagai pemisah nomor urut memo. memo_number(s) adalah nomor urut memo yang dapat dilihat dengan perintah LIST.
Contoh 1 : /memoserv READ 3
Perintah ini untuk membaca isi memo nomor 3.
Contoh 2 : /memoserv READ 1,3,6,7,8
Perintah ini untuk membaca isi memo nomor 1, 3, 6, 7, dan 8.

DEL
Penggunaan : /memoserv DEL memo_number(s) dan /memoserv DEL all
Keterangan : Perintah yang pertama gunanya untuk menandai memo untuk dihapus dengan perintah PURGE. Perintah yang kedua gunanya untuk menghapus seluruh memo dari daftar baik yang belum maupun yang sudah dibaca.
Catatan : INGAT !!! memo yang telah dihapus dengan perintah DEL all tidak dapat di-UNDEL. Apabila kamu ingin menghapus sekaligus beberapa memo, gunakan tanda koma (,) tanpa spasi sebagai pemisah nomor urut memo. memo_number(s) adalah nomor urut memo yang dapat dilihat dengan perintah LIST.
Contoh 1 : /memoserv DEL 3
Perintah ini untuk menandai memo nomor 3 untuk kemudian dihapus dengan perintah PURGE.
Contoh 2 : /memoserv DEL 1, 3,6,7,8
Perintah ini untuk menandai memo nomor 1, 3, 6, 7, dan 8 untuk kemudian dihapus dengan perintah PURGE.

UNDEL
Penggunaan : /memoserv UNDEL memo_number(s)
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk meng-UNDEL memo yang telah “ditandai untuk dihapus” dengan perintah DEL.
Catatan : Apabila kamu ingin meng-UNDEL sekaligus beberapa memo, gunakan tanda koma (,) tanpa spasi sebagai pemisah nomor urut memo. memo_number(s) adalah nomor urut memo yang dapat dilihat dengan perintah LIST.
Contoh 1 : /memoserv UNDEL 3
Perintah ini untuk meng-UNDEL memo nomor 3.
Contoh 2 : /memoserv UNDEL 1, 3,6,7,8
Perintah ini untuk meng-UNDEL memo nomor 1, 3, 6, 7, dan 8.

PURGE
Penggunaan : /memoserv PURGE
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk menghapus memo-memo yang telah “ditandai untuk dihapus” dengan perintah DEL.
Catatan : INGAT !!! memo yang telah dihapus dengan perintah PURGE tidak dapat di-UNDEL lagi.

FORWARD
Penggunaan : /memoserv FORWARD nickname password
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk mengalihkan (forward) pengiriman memo untuk nickname yang satu kepada nickname lainnya.
Catatan : Kamu wajib memasukan password nickname penerima memo alihan (forward). Perintah ini berguna apabila kamu memiliki lebih dari satu nickname dan kamu ingin agar semua memo yang dikirimkan untuk nickname-nickname kamu dialihkan (forward) kepada nickname yang paling sering kamu gunakan.
Contoh : /memoserv FORWARD peace03 mypasswd12345678
Mengalihkan memo kepada nick “peace03? dengan password “mypasswd12345678?.

NEWS
Penggunaan : /memoserv NEWS
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk melihat berita/perubahan terbaru/penting seputar jaringan DALnet yang dikirimkan oleh Administrator DALnet.
Catatan : NEWS termasuk dalam “Global Memo” oleh karenanya NEWS dapat dibaca/diterima oleh semua nickname yang terdaftar di database DALnet dan mengabaikan setting FORWARD maupun NOMEMO.

Referensi perintah MemoServ :
The DALnet IRC Network : /memoserv help [command]
The DALnet Documentation Project : http://docs.dal.net/memoserv.htm
DALnet’s Homepage : http://www.dal.net/services/



---------------------------------evolution---------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar