Blog Kumpulan Artikelku

Perintah Dasar Mirc (Bagian 1)

| Senin, 15 Juni 2009

Perintah-Perintah dasar IRC ini berfungsi untuk mengontrol sebuah channel dan user yang ada didalamnya.
Namun Dalam bagian Ini Kita Membahas Penggunaan Command Yang Bersangkutan dengan Ns atau Nickserv .. Semoga Dapat Memberikan Tambahan KEpada Teman2 yg Membacanya…dan mungkin ini dah ga asing lagi bagi mereka yg da mengerti..tapi mungkin lebih baiknya aku luangkan lagi perintah2 dasar ini…mungkin ada yg membutuhkannya…Hemmm……..
Oke deh kita mUlai dari Command yg berawalan dengan /Nickserv …..

Format penulisan perintah :
/msg nickserv@services.dal.net [command] [option] [sub-command]
atau dapat disingkat menjadi :
/nickserv [command] [option] [sub-command]

REGISTER
Penggunaan : /nickserv REGISTER password email
Keterangan : Perintah ini untuk mendaftarkan/me-Register nickname yang sedang kamu pakai berikut email kamu ke database DALnet (NickServ).
Catatan : Ingat !!! Password itu Case-Sensitive (membedakan antara huruf kapital dan huruf kecil). Setelah meregistrasikan nickname, kamu diwajibkan untuk mengonfirmasikan kembali registrasi nickname kamu dalam waktu 24 jam untuk mendapatkan akses penuh ke nickname kamu. Sebuah email berisi kode konfirmasi akan dikirimkan DALnet ke alamat email yang kamu gunakan pada saat registrasi. Oleh sebab itu sangat penting sekali bagi kamu untuk menggunakan email yang masih aktif/valid. Cara pengonfirmasian adalah menggunakan perintah AUTH atau melalui web-link di email yang kamu terima.
Contoh : /nickserv REGISTER mynick0987654321 mr_five78@hotmail.com
Mendaftarkan suatu nickname dengan password “mynick0987654321? dan email “mr_five78@hotmail.com”.

AUTH
Penggunaan : /nickserv AUTH nickname confirmation-code
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk mengonfirmasikan kembali registrasi atau penggantian alamat email atau UnRegister nickname kamu. Sebuah email berisi kode konfirmasi akan dikirimkan DALnet ke alamat email yang kamu gunakan pada saat registrasi atau ke email baru kamu (pada proses perubahan alamat email). Ikuti petunjuk dalam email tersebut !
Catatan : Perintah ini hanya digunakan pada saat registrasi nickname dan pada saat merubah alamat email pada nickname yang sudah teregistrasi penuh (perintah SET – EMAIL) dan pada saat meng-UnRegister nickname (perintah DROP). Dalam tempo 24 jam kamu sudah harus memasukkan kode konfirmasi yang dikirimkan oleh DALnet ke email kamu atau nickname kamu akan kembali menjadi Un-Register (untuk nickname yang diregistrasi baru) atau alamat email nickname kamu akan kembali pada alamat email yang lama (untuk perubahan alamat email pada nickname) atau nickname kamu batal di-Drop oleh NickServ.

IDENTIFY
Penggunaan : /nickserv IDENTIFY password atau /nickserv IDENTIFY nickname password
Keterangan : Perintah yang pertama adalah untuk meng-Identify nickname yang sedang kamu gunakan, perintah yang kedua adalah untuk meng-Identify nickname yang tidak sedang kamu gunakan. Untuk pengguna irc client Mirc dapat langsung menggetikkan “/identify password” atau “/identify nickname password”.
Catatan : Demi keamanan password kamu sendiri sangat dianjurkan untuk tidak menggetikkan identify password kamu di jendela channel atau private message. Ingatlah selalu untuk menggetikkan identify password kamu dan/atau perintah lainnya hanya di jendela Status.
Contoh #1 : /nickserv IDENTIFY mynick0987654321
Meng-Identify nickname yang sedang kamu gunakan dengan password “mynick0987654321?.
Contoh #2 : /nickserv IDENTIFY Mr_Five mynick0987654321
Meng-Identify nickname “Mr_Five” dengan password “mynick0987654321?.

DROP
Penggunaan : /nickserv DROP nickname
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk meng-UnRegister suatu nickname.
Catatan : Proses UnRegister ini harus melalui 2 tahap. Pertama, menggunakan perintah DROP di atas. Kedua, menggunakan perintah AUTH untuk mengonfirmasikan proses UnRegister nickname. Setelah menggunakan perintah DROP, NikServ akan mengirimkan email berisi kode konfirmasi ke email kamu yang terdaftar pada database DALnet. Selanjutnya ikuti petunjuk yang terdapat di email tersebut.
Contoh : /nickserv DROP Mr_Five
Meng-UnRegister nickname “Mr_Five”.

INFO
Penggunaan : /nickserv INFO nickname
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk mendapatkan informasi nickname seseorang, mulai dari tanggal registrasi, tanggal terakhir identify, alamat IP terakhir yang digunakan, alamat email, URL, dan opsi-opsi pada nickname tersebut.

SET – PASSWD
Penggunaan : /nickserv SET PASSWD oldpassword newpassword
Keterangan : Perintah ini untuk mengganti password nickname kamu.
Catatan : Kamu identify terlebih dahulu sebelum menggunakan perintah ini. Ingat !!! Password itu Case-Sensitive (membedakan antara huruf kapital dan huruf kecil).
Contoh : /nickserv SET PASSWD mynick0987654321 snoopy67890ILoveU
Mengganti password nickname dari “mynick0987654321? menjadi “snoopy67890ILoveU”.

SET – ENFORCE
Penggunaan : /nickserv SET ENFORCE on|off
Keterangan : Perintah ini apabila di-set ke posisi on maka akan mencegah orang lain menggunakan nickname kamu. Nickserv akan memberikan batas waktu 60 detik untuk identify sebelum merubah nickname Enforce on menjadi “Guest*****” dimana ***** adalah angka acak (random).
Catatan : Perintah SET ENFORCE ini dulunya dikenal dengan SET KILL.

SET – URL
Penggunaan : /nickserv SET URL [url_address]
Keterangan : Perintah ini untuk men-set URL (Uniform Resource Locator)/alamat Homepage nickname kamu. URL suatu nickname dapat dilihat dengan perintah INFO.
Catatan : Untuk menghapus/me-reset URL nickname kamu gunakan “/nickserv SET URL”.
Contoh : /nickserv SET URL http://aerocloud.virtual-dalnet.com
Men-set “http://aerocloud.virtual-dalnet.com” sebagai URL nickname kamu.

SET – EMAIL
Penggunaan : /nickserv SET EMAIL [new_email_address]
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk mengganti alamat email nickname kamu.
Catatan : Setelah mengganti alamat email nickname, kamu diwajibkan untuk mengonfirmasikan kembali penggantian tersebut dengan perintah AUTH. DALnet akan mengirimkan email berisi kode konfirmasi ke alamat email baru tersebut. Perintah “/nickserv SET EMAIL” akan memunculkan email nickname kamu yang berada di database NickServ.
Contoh : /nickserv SET EMAIL mr_five@angelfire.com
Merubah alamat email menjadi “mr_five@angelfire.com”.

SET – SHOWEMAIL
Penggunaan : /nickserv SET SHOWEMAIL on|off
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk menampilkan alamat email nickname kamu pada NickServ INFO.
Catatan : Pada keadaan default SHOWEMAIL berada pada posisi off.

SET – NOMEMO
Penggunaan : /nickserv SET NOMEMO on|off
Keterangan : Perintah ini apabila di-set pada posisi on maka akan mencegah seseorang mengirimkan memo via MemoServ kepada kamu.
Catatan : Biarpun NOMEMO pada posisi on, seorang IRCop ataupun suatu service DALnet tetap dapat mengirimkan memo kepada kamu.

SET – NOOP
Penggunaan : /nickserv SET NOOP on|off
Keterangan : Perintah ini apabila di-set pada posisi on maka akan mencegah seseorang menambahkan nickname kamu ke daftar AOP/SOP suatu channel.
Catatan : Setelah men-set NOOP on bila kamu menginginkan agar nickname kamu ditambahkan ke daftar AOP/SOP suatu channel, kamu cukup men-set NOOP off dan men-set NOOP on setelah nickname kamu masuk ke dalam daftar AOP/SOP.

SET – MAILBLOCK
Penggunaan : /nickserv SET MAILBLOCK on|off
Keterangan : Perintah ini apabila di-set pada posisi on maka kamu tidak akan dapat menggunakan perintah SENDPASS jika pada suatu saat kamu kehilangan/lupa pada password nickname kamu. Default MAILBLOCK adalah off.
Catatan : Perhatian !!! Sebelum men-set MAILBLOCK pada posisi on pastikan bahwa diri kamu tidak menderita penyakit “lupa ingatan” karena jika suatu saat kamu lupa/kehilangan password tidak seorangpun yang dapat menolong kamu.

GHOST
Penggunaan : /nickserv GHOST nickname password
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk men-disconnect-kan suatu nickname dari IRC. Perintah ini digunakan jika terjadi situasi seperti ini : pada saat meninggalkan IRC kamu tidak logoff dengan benar ataupun koneksi IRC kamu terputus karena sesuatu alasan sehingga menyebabkan server IRC mengira kamu masih berada di IRC dan mempertahankan nickname kamu di IRC.
Catatan : Setelah menggunakan perintah GHOST selanjutnya gunakan perintah RELEASE.
Contoh : /nickserv GHOST K4V4N4 kavana5678sinaga
Men-Ghost nickname “K4V4N4? + password “kavana5678sinaga”.

RECOVER
Penggunaan : /nickserv RECOVER nickname password
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk men-disconnect-kan suatu nickname dari IRC. Perintah ini digunakan jika terjadi situasi seperti ini : ada orang lain menggunakan nickname kamu yang tidak di-set ENFORCE on.
Catatan : Setelah menggunakan perintah RECOVER selanjutnya gunakan perintah RELEASE. Sebenarnya perintah RECOVER dan GHOST mempunyai fungsi yang sama yaitu men-disconnect-kan suatu nickname dari IRC, saya sendiri tidak jelas mengapa DALnet menggunakan 2 perintah untuk sebuah fungsi yang sama.
Contoh : /nickserv RECOVER K4V4N4 kavana5678sinaga
Men-Recover nickname “K4V4N4? + password “kavana5678sinaga”.

RELEASE
Penggunaan : /nickserv RELEASE nickname password
Keterangan : Perintah ini digunakan setelah perintah GHOST dan RECOVER.
Catatan : Setelah menggunakan perintah GHOST atau RECOVER pada suatu nickname, nickname tersebut akan diambil-alih selama beberapa menit oleh service DALnet (enforcer.dal.net). Perintah ini digunakan untuk meminta enforcer.dal.net agar membebaskan nickname yang bersangkutan.
Contoh : /nickserv RELEASE K4V4N4 kavana5678sinaga
Men-Release nickname “K4V4N4? + password “kavana5678sinaga”.

ACCESS – ADD | DEL | LIST | WIPE
Penggunaan : /nickserv ACCESS ADD|DEL|LIST|WIPE [user@host mask]
Keterangan : Perintah ini digunakan pemilik suatu nickname untuk menambah daftar akses baru (ADD), menghapus daftar akses (DEL), menampilkan datfar akses (LIST) dan menghapus seluruh daftar akses (WIPE)..
Catatan : Apabila alamat IP kamu sekarang berada dalam daftar akses suatu nickname maka kamu dapat menggunakan nickname tersebut tanpa harus identify terlebih dahulu.
Contoh : /nickserv ACCESS ADD RaInY@011.d.002.mel.iprimus.net.au
Menambahkan alamat IP/user@host “RaInY@011.d.002.mel.iprimus.net.au” pada daftar akses nickname.

ACC
Penggunaan : /nickserv ACC nickname
Keterangan : Perintah ini digunakan untuk melihat hak akses suatu nickname. Berikut di bawah ini adalah definisi dari level hak akses (dalam angka) :
0 = Nickname yang bersangkutan belum di-Register.
1 = Pemakai nickname bersangkutan tidak identify pada NickServ (ini dapat terjadi pada nickname yang tidak di-set Enforce on).
2 = Alamat IP pemakai nickname bersangkutan berada di dalam daftar akses (Access) nickname tersebut.
3 = Pemakai nickname bersangkutan telah identify pada NickServ.

Contoh : /nickserv ACC shadowZ
Melihat hak akses nick “shadowZ” dan notify dari NickServ lebih kurang seperti di bawah ini :
-NickServ- shadowZ ACC 3

SENDPASS
Penggunaan : /nickserv SENDPASS nickname emailaddress
Keterangan : Perintah ini gunanya untuk meminta NickServ mengirimkan password nickname kamu ke email.
Catatan : Alamat email yang kamu masukkan harus sama dengan alamat email nickname kamu yang terdaftar di database DALnet. Perintah SENDPASS tidak akan berfungsi apabila kamu men-set MAILBLOCK on.
Contoh : /nickserv SENDPASS Mr_Five mr_five@angelfire.com
Meminta NickServ untuk mengirimkan password nick “Mr_Five” ke email “mr_five@angelfire.com”.

Referensi perintah NickServ :
The DALnet IRC Network : /nickserv help [command] [sub-command]
The DALnet Documentation Project : http://docs.dal.net/nickserv.htm
DALnet’s Homepage : http://www.dal.net/services/



---------------------------------evolution---------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar