Blog Kumpulan Artikelku

Trik Memoles facebook

| Rabu, 10 Juni 2009
Memoles facebook dengan applet baru Fitur Stream membuat tampilan halaman selalu 'segar'
Bosan dengan tampil?an facebook yang An?da akses di komputer? Cobalah koleksi aplikasi atau applet terbaru yang ditawarkan oleh situs jejaring sosial ini.

Berinteraksi di dalam situs facebook saat ini tidak hanya sekadar saling berkomunikasi antara teman-teman yang tergabung dalam jaringan sosial. Dengan rancangan terbarunya, situs facebook menonjolkan tampilan tentang kegiatan dan informasi terbaru dari kawan-kawan sesama anggota facebook.

Namun, bagaimana dengan pengguna lain yang mencoba mengakses facebook dengan cara lain? Pecandu layanan jaringan sosial ini pasti sudah tahu bahwa facebook tak harus diakses lewat browser.
Facebook, misalnya, menyediakan aplikasi untuk ponsel, sehingga anggota yang sedang bepergian pun masih bisa mengikuti perkembangan terbaru dalam jaringan pergaulannya.

Namun, bagaimana kalau Anda sudah berada di komputer? Apakah browser masih menjadi pilihan terbaik?

Tampaknya sebagian pengembang tidak sependapat. Pada saat ini kita sudah dapat menemukan berbagai aplikasi atau applet yang berfungsi atau memiliki fitur untuk mengakses jaringan facebook.

Tidak ingin ketinggalan, pengembang facebook sendiri juga baru merilis aplikasi yang khusus digunakan untuk mengakses jaringan sosial dari desktop.

Seperti apa kebolehan aplikasi ini? Dan bagaimana perbandingannya dengan aplikasi web dan aplikasi desktop dari pihak ketiga? Apakah aplikasi desktop ini menawarkan cara yang paling baik untuk berinteraksi di Facebook?

OpenStreaming

Sebelum menengok aplikasi facebook desktop ini, ada baiknya mengetahui bahwa facebook baru saja membuka akses untuk fitur Stream (aliran), dengan menyediakan API (application programming interface) Open Streaming.

Yang dimaksud dengan aliran di sini adalah arus pembaruan status kawan-kawan yang berada di dalam jaringan sosial. Memang bila Anda punya teman banyak, dan mereka rajin memperbarui status, tampilan status akan terlihat mengalir.

Konsep 'stream' ini merupakan salah satu contoh dari konsep 'aliran kegiatan' (activity stream) yang juga bisa ditemukan di situs lain seperti Flickr, Yahoo Profiles dan Twitter.

Sebagai contoh aplikasi yang memanfaatkan antarmuka terhadap fitur stream ini, facebook membuat aplikasi Facebook Desktop for AIR.

Selain aplikasi resmi facebook sendiri, aplikasi lain yang rencananya memanfaatkan akses terhadap fitur Stream ini adalah Seeismic Desktop.

Namun, pada saat tulisan ini dibuat, versi terbaru Seeismic Desktop masih belum mendukung fitur tersebut.

Instalasi

Untuk mendapatkan aplikasi desktop Facebook, ini Anda bisa mengunduhnya dari alamat URL http://static.ak.fbcdn.net/fbair/Facebook_Desktop_for_AIR.zip. Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa aplikasi ini menggunakan teknologi Adoba AIR. Bila Anda belum memasangnya, unduh installer-nya dari situs Adobe, http://get.adobe.com/air. Installer Adobe AIR ini berukuran 13 MB. Aplikasi desktop Facebook berukuran jauh lebih kecil, kurang dari 800 kB.

Pada saat dipasang, Facebook Desktop for AIR ini akan meminta otorisasi di Facebook. Pada saat otorisasi Anda akan diminta memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Setelah disetujui aplikasi ini bisa langsung digunakan.

Aplikasi ini sangat sederhana dibandingkan dengan situs web facebook sendiri. Yang ditampilkan hanyalah status terakhir dari teman-teman yang berada di jaringan sosial. Tidak ada pemberitahuan tentang foto yang dipunggah rekan-rekan, atau acara terbaru yang akan diikuti teman-teman Anda. Pendeknya, sangat sederhana. Mirip dengan aplikasi facebook di ponsel, atau bila Anda mengakses situs facebook dari browser di peranti genggam.

Dibandingkan dengan aplikasi desktop lainnya untuk facebook, sekilas Facebook Desktop for AIR ini juga sangat miskin fitur. Misalnya tidak ada fasilitas untuk mengirim pesan atau meng-upload musik seperti yang bisa dilakukan di Flock.

Namun, dilihat dari akses ke Stream, aplikasi Facebook ini lebih baik daripada aplikasi desktop lainnya yang pernah saya coba.

Semua update dari rekan-rekan, baik status ataupun link ditampilkan, termasuk tanggapan orang lain terhadapnya. Pemutakhiran ini berlangsung instan, tidak seperti aplikasi desktop lainnya yang menerapkan sistem mengecek dalam selang waktu tertentu.

Buat pemakai facebook yang lebih sering memanfaatkan layanan jaringan sosial ini untuk memantau teman-temannya dan berinteraksi, aplikasi Facebook Desktop for AIR menawarkan 'inti' yang paling penting dari Facebook. Namun, karena ini hanyalah 'aplikasi contoh', fiturnya memang miskin. Kita tunggu saja aplikasi desktop lain yang bisa memanfaatkan API Open Streaming ini dengan lebih baik.


---------------------------------evolution---------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar